WELL COME...


widgets

Minggu, 31 Juli 2011

MENENTUKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


PENGERTIAN KKM

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah tingkat pencapaian kompetensi yang harus dicapai oleh siswa per mata pelajaran. Siswa yang belum mencapai nilai KKM dikatakan belum tuntas.

Tujuan Penentuan KKM :
1.  Menentukan target kompetensi yang harus dicapai siswa.
2.  Patokan/acuan/dasar menentukan kompe-ten atau tidak kopmpetennya  siswa.

Manfaat Penetapan KKM :
1.  Sekolah/guru/siswa memiliki patokan yang jelas dalam menentukan ketuntaasan
2.  Adanya keseragaman batas ketuntasan setiap mata pelajaran.

RAMBU-RAMBU
-    KKM ditentukan pada awal tahun pelajaran
-    KKM ditentukan oleh forum MGMP sekolah
-    Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang dari 0 - 100
-    Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
-    Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal maksimal
-    Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

MEKANISME / LANGKAH-LANGKAH :
1.  Penetapan nilai KKM dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimal pada setiap indikator
2.  KKM Kompetensi  Dasar didapat dengan merata-ratakan KKM semua indikator pada KD yang terkait
3.  KKM Standar Kompetensi (SK) merupakan rata-rata KKM KD yang terdapat pada setiap SK
4.  Nilai KKM mata pelajaran merupakan rata-rata ketuntasan belajar setiap SK pada tingkat kelas yang bersangkutan
5.  Penetapan KKM dilakukan dengan menggunakan Format A


KRITERIA PENETAPAN KKM
1.  Tingkat Kompleksitas
Kesulitan dan Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa
Tingkat Kompleksitas Tinggi bila dalam pelaksanaannya menurut :
-       SDM – Memahami Kompleksitas yang   harus dicapai siswa
-          kreatif dan inofatif dalam melaksanakan  pembelajaran
-          Waktu- cukup lama karena perlu pengulangan
-          Penalaran dan Kecermatan siswa yang tinggi
-          Saraan dan Prasarana sesuai tuntutan kompetensi yang harus dicapai

2.  Kemmapuan Sumber Data Pendukung: yaitu ketersediaan tenaga, sarana, dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan. BOP, Manajemen Sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.
3.  Tingkat Kemampuan (Intake) Rata-rata Siswa
-          SKBM kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, Tes seleksi masuk, atau Psikotes.
-          SKBM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian SKBM siswa pada semester atau kelas sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar